Minggu, 24 Juni 2012

SOMASI

Dalam penyelesaian permasalahan hukum secara keperdataan yang berhubungan dengan pelaksanaan isi suatu perjanjian atau perikatan, maka apabila slah satu pihak tidak melaksanakan prestasi atau kewajiban hukum kepada pihak lain maka bisa diajukan gugatan wan prestasi kepada Pengadilan Negeri guna mempertahankan hak-hak hukum. Namun demikian, sebelum diajukannya gugatan Wan Prestasi kepada Pengadilan Negeri ini, maka tentunya terlebih dahulu ada suatu pernyataan bahwa telah terjadi suatu wan prestasi dari pihak yang tidak melaksanakan prestasi tersebut. Untuk menentukan pihak tersebut telah wan prestasi, maka langkah yang bisa dilakukan dengan mengajukan SOMASI/PERINGATAN kepada pihak tersebut.

Berikut contoh susunan SOMASI/PERINGATAN yang bisa diajukan kepada pihak yang tidak melaksanakan kewajiban hukumnya :


No       :  077 / Som / A&P/ II / 2012                                                Magelang;                         2012
Lamp  : 1 (satu) lbr Copy Surat Kuasa Khusus
Hal      :  Somasi


Kepada Yth;


di
   


Dengan Hormat,

Yang bertanda tangan di bawah ini :

----------------------------------- NOOR AUFA, SH ------------------------------------

Advokat dan Konsultan Hukum pada Kantor Hukum AUFA & Partners beralamat di Jalan Singosari No 18 Kelurahan Rejowinangun Selatan Kecamatan Magelang Selatan Kota Magelang Jawa Tengah (56124)  HP : 085292061777, email : noor.aufa@yahoo.co.id; berdasarkan Surat Kuasa Khusus tertanggal ..................................................... syah bertindak untuk dan atas nama klien kami .................................; Pekerjaan ..................; beralamat di .................................................................................................

Berdasarkan data-data serta bukti-bukti dokumen mengenai jual beli 1 (satu) unit rumah Type 36  dengan luas tanah +/- 96 M2 terletak di .............................................................................. oleh klien kami dari developer  .......................................... melalui kredit KPR BTN pada ..................................................... sesuai Akte Jual Beli No : ........................................... tanggal ................................ yang dibuat dihadapan Notaris-PPAT .........................................., ternyata hingga saat ini klien kami meski telah melunasi keseluruhan kewajibannya atas transaksi jual beli a quo tidak dapat memperoleh hak hukumnya sebagaimana mestinya karena bukti kepemilikan atas rumah a quo berupa Sertifikat Hak Milik (SHM) yang dikeluarkan Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kantor Pertanahan ......................................... Nomor : ....................  seluas ................................... belum diserahkan sebagaimana mestinya kepada klien kami.

Untuk itu, kami meminta kehadiran saudara/saudari pada :
Hari / Tanggal                       : .................../...............................
Pukul                                       : 13.00 WIB
Tempat                                    : Kantor AUFA & Partners
                                                  Jalan Singosari No. 18 Kota Magelang Jawa Tengah
Untuk pembicaraan penyelesaian jual beli a quo, dan apabila panggilan ini tidak diindahkan, maka dalam jangka waktu 7 (tujuh) hari sejak tanggal pertemuan yang kami tegaskan tersebut maka demi menjaga kepentingan dan hak-hak hukum klien, kami akan melakukan upaya hukum baik hukum pidana maupun perdata maupun upaya hukum lainnya.

Demikian somasi ini kami sampaikan untuk diindahkan, atas perhatiannya kami ucapkan terima kasih.


Hormat Kami;
Kuasa Hukum




NOOR AUFA, SH


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar